Thursday, July 08, 2010

journey M

holla friend. kembali bersama bewew (?) sori kemaren sempet vakum posting, soalnya seperti yang udah saya ceritakan, kemaren alhamdulillah dapet kesempatan umroh 12 hari. berangkat tanggal 26 juni, nyampe jakarta tanggal 7 juli. travelnya yang bewew pilih sedang laah kelasnya, bewew sendiri berangkat berlima sama orangtua dan nenek kakek bayarnya sekitar US$ 1490-an. wiih ada tuh travel yang buat orang borju, namanya Mak Tour (apa Maq Tour?) ya itulah pokoknya. bayarnya sekitar US$1900-an. buset, mahal sekali. nginepnya juga di hotel bagus semacam grand zam zam (bintang 5, diatas hilton levelnya) . oh well, hotel bagus itu ga terlalu penting buat umrah sebenarnya, karena kita tujuannya mau ibadah kan, bukan mau lama lama di kamar.
kembali ke cerita. anggota travel umrah bewew yang sekarang (ATM tour, weitsah kayak berbau uang hahah) sekitar 20-an. ada keluarga yg bawa anak kecil 4 orang. dan kakaknya yang tertua sekilas muiriiiip banget sama atas. tapi bibirnya tipisan atas :) wkwk . terus dapet kenalan anggota lain yg kebetulan temen kantor ibu saya. anaknya sekolah di smp 49, namanya muti :D sama abg lain yg ikut ada namanya Nesya. sekolahnya di smp 115.
-___- pada bagus bagus tenan sekolahnya. pas bewew bilang bewew sekolah di smp 1, mereka pada nanya, "jauh amat dari bogor ke jakarta?" "Looh emang smp 1 ada rsbinya?" oalaah ternyata mereka pada ngirain yang dimaksud itu smp 1 jakarta di cikini hahaha.
perjalanan ditempuh dengan menggunakan lion air. delayed 1 hour. no flight without delayed is very identic with lion air -.- perjalanan makan waktu 10 jam (take off pukul jam 1 lebih WIB nyampe sana pukul 19.00 kurang waktu setempat) bandara king abdul aziz di Jeddah luaaaas banget lapangannya. tapi dalemnya sempit. daaan waktu ada pengecekan passport, ga boleh sekeluarga rombongan, harus satu satu yowess ngantri. udah gitu ada orang arab marah marah gaje jadi tontonan beribu orang indonesia *lebay* wkwk bewew senyum sendiri liat tingkahnya ngangkat bahu, ekspresinya aneh, ngomongnya pake bahasa planet pula hahahahahaha. and finally, it came to me for getting the pasport checked. so i walked into the airport staff table. petugasnya itu ngecek paspor bewew bentar, terus tiba tiba dia nanya :
petugas : mahram?
bewew : ngeeeek??
petugas : mahram????
lagi hopeless hopelessnya, tiba tiba tante upi nyamperin dan ngomong sama petugasnya. ternyata saudara saudara, petugas itu bermaksud bilang MUHRIM!!! dia manggil ortu bewew! what the banget itu z -___- kemudian, ketika saya sedang melangkah dengan tenang di bandara, SUDDENLY, i saw something "yuck". ada DOG! anjing pelacak! orang gila, ada anjing segala di arab *katro* mana ngendus ngendus lagi hiiiiy. untung ga nyamperin bewew hehehe . peacee ;)
rombongan bewew dijemput sama petugas di arabnya. then from jeddah, we were going to madinatul munawarrah first by bus, then to makkatul mukaramah after 3 day stayed at Madina. kita nginep di hotel Al Shourfah untuk di Madinah . perjalanan Jeddah - Madinah sekitar 4 jam. tapi saya taunya kita nyampe sekitar jam 1 lebih. hotelnya bintang 3 gitu. tapi saya kurang suka hotel yang ini soalnya ac dingin banget, tapi kalo ga pake ac panas abis -__- jadi udara luar hotel panas banget, udara dalem dingin banget . beda banget sama di Mekkah. Di Mekkah, kita dapat sejenis furnished flat (rusun agak bagus) namanya Qasr Al Qamar. bewew sih love this place bangeet. soalnya acnya itu ac kuno (bukan split) dan di tengah ruangan ada kipas anginnya. emang sih, kamarnya bagusan di Al - Shourfah, tapi senengan di sinii! mana liftnya kuno, katanya dari Jepang liftnya. wuess lift zaman penjajahan wkwk.
to be honest, i like Makkah the most. why? dunno. many people said that Makkah was hotter than Madina, but i felt that Makkah is cooler than Madina *how strange* oiya, katanya banyak orang takut naik haji soalnya semua perbuatan jelek mereka bakal dibales di sini (terutama Makkah) dan hati hati dengan mulut kita, terutama di Mekkah, karena biasanya celetukan asal kita sering jadi kenyataan di sini. kayak pengalaman bewew nih, kan kalo di Makkah sering banget solat Jenazah (minimal ada 2 jenazah disholatin per waktu shalat) tapi kalo di Madinah ga terlalu. saya nanya ke Ibu, "bu, sebenernya jenazahnya ada apa enggak sih?" daaan tau apa yang terjadi? sebelum nanya kayak gitu saya ga pernah liat mobil jenazahnya, bahkan mayatnya. waktu shalat ashar, bener bener abis ngomong kayak gitu, langsung saya liat mobil jenazahnya. dan nggak cuma hari itu aja. hari selanjutnya saya liat terus di hampir seluruh waktu shalat. dan hari terakhir sebelum ke jeddah, saya liat mobilnya dong, ada 8 buah. astagfirullah. nenek kakek sama ortu bewew senyam senyum miris liat nasib saya. ya allah, from now on i'll keep my mouth shut for unimportant things :x
terus, waktu di madinah, saya kepengen beli swatch. tapi ga nemu tokonya. saya rada ngambek gitu deh sama ibu, gara gara bete. terus diomelin balik. yaudah diem aja sayanya. daaan, sejam sebelum ke mekkah, saya beli es krim movenpick (enaaak banget, terkenal di sana) di mal gatau namanya apa. naah pas masuk, tebak mata saya liat apa. counter swatch! gila , padahal udah ga nyari nyari. ternyata Allah emang denger doa kita, meskipun saya sendiri sebenernya ga pernah berdoa terlalu serius tentang pengen swatch ini swatch itu. oiya, FYI harga swatch di arab (jeddah, madinah, mekkah) JAUH lebih murah daripada beli di Indo. ada jam motif awan gitu harganya SR 160 . 160 x 2500 = Rp. 400.000 . saudara bewew beli swatch dengan tipe yang sama di swatch PIM harganya Rp. 600.000. jauh kan? wow. oiya harga seri colour codes di sana SR 135. di bogor berapa ya? haha. oiya jadi inget, ada sodara saya yang masih kecil minta dibeliin swatch gara gara temennya pada dibawain swatch. ada yang dibawain dari amrik lah, jepang lah, dll. waduuh dek, kenapa ga nitip mba bezta aja? kan bisa bilang, ini jamnya penuh doa, belinya di mekkah wkwkw *riya huuuu haha
di mekkah, ngga tau kenapa bewew kepikiran dacut (david archuleta maksudnya) sama jesse mccartney terus jadi nyanyi nyanyi sendiri di kamar. paling suka lagu i wanna know you sama this i promise you. oiya sama body language jesse mccartney juga. konichiwa come in movin' my way, hey little chica from guadalupeeee jiahaaha.
travel kita juga ngadain ziarah ke jabal tsur, jabal rahmah, percetakan quran, masjid quba, mina, sama pas mau pulang cuma mampir di jeddah (nggak nginep) dan mampir ke qorniche shopping center sama masjid terapung di laut merah. laut merah jerniiih banget . love it :)
then, i went back to indonesia at July 6th but arrived in jakarta at july 7th. pulangnya lebih parah lagi dong pelayanan dari lion air. kita di delay 2 jam -__- naudzubillah banget. udah gitu mbak mbak pramugarinya ada yang ngomeeel terus gara gara orang suka pada pindah pindah duduk. satu kena semua kena. udah gitu orang depan bewew, udah diperingatin sama mbaknya kalo take off ga boleh mundurin kursi, eh malah mundurin. pas ditegur lagi, teteuup aja dimundurin. anaknya yang cowok juga bilang kata kata sh*t versi bahasa indonesia. paraaaaaaaaaaah banget. untung anak ceweknya pake ice watch warna biru , jadi bewew masih sabaar (apa hubungannya?)
tips tips kecil :
-jangan lupa bawa payung atau topi disana panaaaas banget.
-bawa masker dan basahin sebelum ke masjid.
-beli labello (lipbalm buat bibir kering) di apotek terdekat. jangan beli di emperan, suka palsu. tapi saya sendiri sukanya ngolesin minyak zaitun kalau bibir kering. lebih manjur.
-selalu cek harga ke supermarket ato apotek terdekat kalo mau beli barang yang sama di emperan. kayak mamah bewew beli minyak rambut amila gold, nawar susah susah di emperan dapetnya SR 15, taunya di apotek cuma SR 12. what the heck banget zz
-bawa tali jemuran buat ngejemur di kamar
-usahakan tidak membawa banyak jeans, soalnya koper jadi berat.
-dll-
fotonya nyusul yaaa. memory cardnya di ayah bewew soalnya -__-"
see youuuu

No comments:

Post a Comment