Sunday, December 22, 2013

Wow! Seleksi Tahap 1 (YBA YP 13/14)

Setelah resmi 'terdaftar' di list peserta tes seleksi YBA Bogor, masih ada waktu sebulan buat saya untuk belajar materi yang bakal diujikan di tes seleksi 1.

Seleksi 1: tes essay Bahasa Indonesia, pengetahuan umum, dan Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris? InsyaALLAH deh, kan udah pernah tes 'percobaan' TOEFL 2x hehehehe.... Menulis essay Bahasa Indonesia dalam waktu dua jam dengan topik yang ditentukan? Deg-degan, tapi InsyaALLAH bisa. PENGETAHUAN UMUM? Oh my Godddd #panik . Ya kali, Bro. Saya seneng banget baca-baca tentang negara lain, belajar fakta unik dari dunia internasional... tapi kalau disuruh menghafal tanggal kemerdekaan setiap negara di dunia? NO WAYYYY....

Alhasil, karena kekhawatiran berlebih saya akan tes pengetahuan umum itu, google chrome di laptop Ibu dan di komputer rumah selalu penuh dengan tab-tab "Fakta unik Negara-negara", "wikipedia", "Academy Award", dan lainnya. Rekor tab terbanyak saya pecahkan dengan membuka 30 situs dalam satu window google chrome! hahahaha. Tak lupa, saya juga nge-search keyword "tes pengetahuan umum seleksi AFS", semacam itulah. Setelah mendapat situs berisikan ringkasan tes taun lalu dan 'soal bayangan' tes seleksi AFS, saya buru-buru nge-copy soal-soal itu dan mencoba menjawabnya, lalu saya post di blog ini. (Klik di sini  dan di sini untuk melihat post saya mengenai soal bayangan tes pengetahuan umum)


(click for better resolution)






Jumat, 27 April 2012
H-1 TES SELEKSI 1 BINA ANTARBUDAYA!!! OMG OMG panik gueeee.... Hari itu, akhirnya saya minjem buku ensklopedianya Irin yang tebelnya gak nahaaaan.... setebel kamus KBBI, bo! Sesampainya di rumah, sehabis mentoring, saya SKS (sistem kebut semalam) baca ensklopedia itu. Saya udah familiar dengan beberapa halaman di buku itu karena saya pernah belajar dari ensiklopedia itu pas mau ikut lomba cepat tepat sama Irin.

Setelah itu, saya juga nyoba-nyoba bikin essay Bahasa Indonesia dan saya ngemenitin waktu saya bikin essay. Lumayanlah... Alhamdulillah bisa kekejar.

Sabtu, 28 April 2012
THE BIG DAY!!! HARI-H!! saya bangun pagi (sekitar jam enam) dan langsung melotot di depan laptop. Mengakses wikipedia, saya buru-buru membaca dan ngambil foto halaman wikipedia tentang berita-berita terbaru hari itu. Saya keasyikan baca, sampai-sampai lupa bahwa saya harus tiba di lokasi tes (SMAN 6 Bogor) jam 7 pagi, dan waktu itu sudah jam setengah 7! Saya buru-buru mandi, ganti baju, dan sarapan. Bapak dengan baiknya (dan kasian liat saya panik BEUD haha) nganterin saya pake motor ke SMA 6. Sepanjang perjalanan, saya yang 'buta' mengenai persepakbolaan ngobrol dan nanya-nanya Bapak tentang piala dunia, piala Asia, AFF, dan hal-hal macam itu. Bapak dengan sabar ngejelasin ke saya, dan akhirnya kami sampai di SMA 6. Masih ga rela pisah sama Bapak, tapi akhirnya saya melambaikan tangan dan mengucap salam. Dan oh, saya berujar, "doain Bezta ya, Pak..." Bapak pun tersenyum dari kejauhan.

Saya berjalan masuk terburu-buru ke SMA 6. Widiiiih luas parah, sampe-sampe saya yang sudah terbiasa dengan lahan terbatasnya Spensa dan Smansa bingung sendiri, "Ini saya dimana ya? matilah, kesasar..."

Alhamdulillah acara kesasar-di-sekolah-lain itu nggak terjadi (at least ga separah itu hahaha). Banyak signage (petunjuk arah) yang tertempel di dinding SMA 6, and it's very helpful! Thank you, kakak-kakak chapter! :) Setelah daftar ulang, saya mendapat label yg dituliskan dengan nama saya. Setelah itu, saya langsung menuju lapangan dalam SMA 6. Udah rame banget, dan saya banyak ngeliat wajah-wajah yang saya kenal! Ada teman TK, SD, SMP, sampai SMA! Saya baris di deket Fahmi Lubis, kita ngobrol-ngobrol beberapa saat. Saya juga ngeliat Alya dan some of my best girlssss... kita saling ngedoain satu sama lain buat yang terbaik hehehe...

Tiba saatnya tes! Kami dibagi-bagi ke beberapa ruangan. Di ruangan saya, ada temen satu SMP, Brina dan temen se-SMA, Meivy. Di belakang saya ada anak Smansa Depok (saya ngerecognize seragamnya hehe). Begitu masuk ruangan, saya langsung terpana. Ada toilet bro di DALAM ruangan kelasnya. Haha ga ada lagi deh yang bakal alasan cabut ke luar kelas buat ke toilet. Tes pertama, nulis essay Bahasa Indonesia tentang leadership. Ada tiga topik yang bisa kita pilih; saya milih topik tentang "kualitas diri sebagai pemimpin." Setelah mengucap basmalah dan Al Ikhlas tiga kali (resep dari Kukung hehehe) saya membuat kerangka essay di kertas buram. Setelah itu, mulailah saya menulis essay saya. Kakak pengawas di ruangan saya sudah mengingatkan bahwa kerapian juga akan masuk penilaian; so, saya nulis essay saya pake pensil dulu, baru ditebelin pake pulpen. Saya selesai menebalkan essay TEPAT saat bel tanda tes pertama telah usai berdering. Saya hampir saja lupa nulis judul essay saya, tapi alhamdulillah, diingatkan sama ALLAH :)

Kami diberi waktu istirahat beberapa menit. Saya langsung cabut ke mushola, biasa, shalat dhuha :) disana saya ketemu beberapa temen yang saya kenal. Kita ngobrol-ngobrol sekilas sebelum memulai tes kedua. Pas bel berdering, saya baru keluar dari mushola. Paniklah saya, langsung lari ke kelas lagi (jangan ditiru). Sesampainya di ruangan saya, semua anak udah siap, kecuali... well, saya. Di tes kedua ini, tes pengetahuan umum, soalnya ngetawain saya. Gokilnya soal-soal itu membuat diri saya teramat ekspresif saat itu. Ketemu soal yang familiar banget, saya senyum. Menghadapi soal "rasanya-pernah-baca", saya menghela napas sambil membuka mata lebar-lebar, mencoba mencari cuilan memori akan soal tersebut. Soal yang bikin gemes karena "tau tapi nggak tau"? manyun, melotot, manyun lagi. Saya inget banget, soal yang bikin gemas nggak karuan itu adalah soal tentang kaisar Jepang saat ini. Saya inget BANGET saya baca di ensiklopedianya Irin last night before the test, tapi saya lupa and then saya malah milih nama ayahnya si Kaisar Jepang ini.

Setelah tes kedua ini selesai, kita dapet break shalat dzuhur dan makan siang. Di mushola, pas ngantri wudhu, saya heboh ngebahas soal-soal pengetahuan umum bareng temen-temen saya. Dimana-mana terdengar suara "yahhhh", "aaah salaaah", atau "YES! bener!"

Sesaat sebelum tes Bahasa Inggris, saya ngelirik kamus Oxford sebentar, terus beralih ke laptopnya Brina. Brina nunjukkin saya foto-foto OSIS SMA Bina Insani sampai bel berdering. Saya siap tempur tes part 3 di seleksi satu ini. Pertama-tama ngerjain tes ini, saya asik-asik aja. Jomplang banget rasanya sama level tempur tes pengetahuan umum. Pas nyampe bagian terakhir dari tes.... saya merana. Mati gue, apaan nih artinya Cub? Apa lagi ini, anak kuda bahasa Inggrisnya apa? 

setelah ngasal beberapa soal (daripada ga dijawab?), saya pun mengumpulkan soal itu dengan hati gundah (oh please Bew, shaddup). Alhamdulillah ada temen pulang, saya jalan bareng Muti dan Eca. Sama Eca cuma setengah jalan doang, soalnya rumahnya deket SMA 6. Perjalanan pulang di angkot saya habiskan dengan mengobrol sama Muti. Kita udah rada hopeless, tapi mencoba being hopeful lagi :D Bismillah, rejeki orang siapa yang tau?

Sesampainya di rumah, saya langsung buka blog dan ngelist pertanyaan pengetahuan umum yang bisa saya ingat beserta jawaban saya. Alhasil, dari 100 pertanyaan, saya berhasil ngumpulin 80 soal! Pertanyaan yang saya bingung pun saya search hasil jawabannya. Huaaa.... salahnya agak banyak ya....


ssneak peak beberapa soal yang Bewew ketik... (click for better resolution)



Hasil seleksi pertama akan diumumin dua minggu dari saat itu. Pasrah dan tawakal. ALLAHUAKBAR! Life goes on, tetep berdoa buat yang terbaik aja lah ya...

stay tuned for the "SELEKSI TAHAP DUA." :) have a great weekend!

Bew Hasyyati-Harkless

3 comments:

  1. Udah lama nggak baca postingannya bewewww.. Ayo rajin posting lagi! Biar aku bisa baca2 lebih banyak hehe

    ReplyDelete