Saturday, November 20, 2010

Maaf

Does it my fault if I can't stuck in a place with a people? Apa salah kalo saya nggak tahan untuk nggak keliling dan menyapa teman yang lain? apa itu salah?

Saya bertanya tanya seperti itu di dalam hati. Saya mulai merasa bahwa ada teman yang membenci saya karena mungkin, dia pikir saya agak berubah.

Dan, inilah curhatan hati saya. Btw, kalo saya curhat di dalem hati, saya nggak pake bahasa "saya-kamu". I use that "gue-lo" languange in my heart. Well, this is the first post that I use "Gue-Lo" inside it.

CURHAT
Dari dulu, gue juga udah ngerasa. Gue ngerasa bahwa gue nggak dianggep apa apa sama mereka. Kalo ada yang nyamperin di kelas, mereka pasti nggak nyamperin ke arah gue (nggak semuanya juga sih,) Mereka jajan jarang ngajak, ngeloyor aja di depan gue, seakan gue invisible, kecuali kalo gue bener bener nyongsong mereka dan minta ikut. Mereka pulang sekedar bilang "bye" aja jarang, seringkali gue yang dadahin duluan. Seringkali gue mikir, apa yang salah ya? Tapi enggak ada yang salah. Yaudah, gue berusaha nelen mentah mentah dan mengenyahkan perasaan "invisible" itu.

Tapi tiba tiba gue ngerasa bahwa mereka bilang gue berubah. Mau nggak mau, gue shocked. Hati gue hancur lebur sudah. Okay, maybe that's my fault. Tapi kenapa? Bahkan kemaren, mereka sempet pergi jalan tanpa mengajak gue sama sekali. Okelah, gue tau, pasti gue nolak kalo diajak juga, karena gue lagi bikin sate kambing sama beberapa anak di belakang. Tapi sekedar nyamperin terus bilang, "mau ikut ga?" ato "duluan ya, mau jalan." pun enggak. Seandainya mereka bilang, itu akan sangat berarti buat gue. Berarti gue terasa "ada" dong di bumi ini? Tapi kenyataannya mereka enggak ngajak. Dan nggak tau kenapa hati gue merasa mencelos. Gue jadi mikir, sebenernya gue salah dimananya sih?

Makanya, seharian hari jumat itu gue sering banget bengong. Sampe Wedar nanya berkali kali, "Bewew kenapa?" gue cuma bales dengan senyum hambar sambil bilang "Ga kenapa napa" sembari mengalihkan topik pembicaraan. I forcing a smile all day long. All my smile totally fake. Di samping, mungkin gue ketawa, tapi itu semua FAKE. Gue pengen nangis, tapi gue berusaha nahan mati matian. Sampai akhirnya di pelajaran Bu Tri gue udah ga tahan lagi, terus izinlah gue ke toilet dan nangis sepuasnya disana. oh, toilet memang tempat terbaik untuk bikin orang nangis sekaligus cari inspirasi.

My heart totally heavy. Gue mungkin punya temen untuk dicurhatin, tapi sayang sekali gue nggak punya keberanian untuk ngomong soal ini ke siapapun. Dan di samping itu, Alya was sad. Gue nggak mau nambah beban dia. Ah, seandainya aja gue bisa nangis terang terangan kayak dia, beban gue pasti bisa ilang. Tapi air mata gue entah kenapa mendadak kering begitu berhadapan dengan banyak teman. Hati gue kosong.

I'm really weak inside, but look strong outside. I'm the smile-faker. I may look happy, but you don't know how my heart really feels.

Di toilet itu gue bener bener berpikir sebagai remaja yang depresi. Gue kini bener bener ngerti, kenapa banyak banget remaja di Jepang yang bunuh diri. Gue pun mikir, buat apa sih gue hidup? Buat apa Allah menciptakan gue? Gue ngerasa useless parah waktu itu. Kayaknya nggak guna banget gue di dunia ini. Gue kerjanya cuma ngabisin uang ortu, ngebuat ortu kesel, bikin temen kecewa, dll. Kalau saja gue mati, nggak akan ada yang bener bener kangen sama gue. Nggak akan. Apa gue se-worth it itu buat dikangenin? Apa gue bener bener berarti di mata mereka? apa gue bener bener ada di hati mereka? Gue nggak tau.

Bahkan gue sempet mikir, Coba aja kemaren gue ketabrak truk, bukan motor. Atau, sekaligus aja bikin gue ketabrak dua kali biar gue mati. Coba gue punya disease yang nggak bisa disembuhin. Coba gue ngidap kanker ato apalah itu.

Seenggaknya, orang yang mengidap penyakit parah TAU bahwa waktu mereka tinggal sedikit. Tau bahwa mereka nggak bisa lama lama dengan orang yang mereka cintai. Tau betapa berharganya nyawa untuk satu hari. Tau betapa nikmatnya kesehatan. Tau untuk bersyukur. Mereka bisa berpamitan dengan orang terdekat, karena mereka tau waktu mereka nggak lama lagi. Mereka bisa memperdalam ketakwaan mereka dengan Allah Swt, karena tau waktu mereka nggak lama lagi.

Astagfirullah, harusnya gue lebih bersyukur. Ya, bersyukur. Gue masih sehat. Gue masih bisa membuat ortu gue bangga dengan gue. Gue masih diberi kesempatan untuk berterima kasih atas apa yang orangtua gue berikan selama ini. Gue masih bisa minta maaf atas segala kesalahan gue terhadap mereka.

Gue harusnya bersyukur, gue diberi teman yang nggak fake. Gue harusnya bersyukur, gue diberi teman teman yang memberikan pengaruh baik.

Gue harusnya bersyukur, yang nabrak gue kemaren cuma motor. Gue belom siap untuk mati. Gue masih utang beberapa kali Shalat Isya yang bolong sama Allah. Gue masih sering bohong. Gue masih sering berbuat dosa. Gue ga mau masuk neraka.

Gue memutuskan, gue minta maaf sama temen temen. Maaf kalo gue punya banyak salah. Maaf banget. Gue emang nggak sempurna. Gue bahkan bukan temen yang baik untuk kalian. Gue seharusnya memikirkan kebaikan kalian yang udah mau nemenin gue selama ini, di saat susah maupun senang. Gue harusnya berterimakasih atas ketulusan kalian sebagai sahabat yang nggak ternilai harganya.

Makasih atas kehadiran kalian buat gue selama ini. Maafin gue yang kurang bersyukur, kurang ajar, kurang kurang banget dah. Gue emang ngelunjak banget. I know, things would never be the same again, I apologize. Gue memang bukan seorang teman yang baik. Kalau gue mati nanti, jangan nangis. Just forget me. Gue bukanlah seseorang yang pantas untuk kalian tangisi. Bukan. Maaf.

Maafin gue.

Dan, curhatan ini pada akhirnya cuma curhatan. Maafin kalo ada yang tersinggung ato gimana. Gue cuma mau ngeluarin unek unek, dan gue nggak biasa curhat sama Ibu. Apalagi sama diary. Sekali lagi, apa curhat seperti ini itu salah? Kalau salah, maafin gue. Maafin gue. Gue emang patut disalahin. Maafin gue, gue emang weak, lembek tau ga. Maafin gue karena gue terlalu gampang diremehkan oleh kalian. Maafin gue, kehadiran gue mungkin memperburuk keadaan. Maafin gue.

Lama lama kok saya jadi mirip Mpok Minah di Bajaj Bajuri ya?

2 comments:

  1. BEWEEEEW:(

    aku pasang anonim lagi ya~

    ReplyDelete
  2. beweeeeeew maaaaaaaaaaaf sya tidak tahuuuu soalnya saya tidak melihat anda waktu ituuuuu seriusan deh saya mencari andaaaaa tapi ga keliatan...

    maaf telaat baru baca hari iniii

    ReplyDelete