Wednesday, September 15, 2010

cooking rush

Bulan puasa, entah kenapa saya pengeen banget makan roti tawar. unfortunately, rotinya abis dan tukang rotinya ga lewat lewat :( eh pas buka komputer, entah kenapa jadi pengen kue cubit, tapi cuma sendiri di rumah. aaaaargh >.< 15 minutes later..
belom nemu resep yang cocok! pada banyak banget porsinya. mana harus pake mixer lagi -__- males ngeluarin mixer. but, wait a minute... EUREKA! this is it! very suitable recipe, udah ga pake mixer bikinnya, porsiannya pun dikit. sip deh :)

We need : tepung terigu (150 gr), gula (100 gr), 2 eggs, plain milk/susu ultra putih (100 ml), baking powder (1 sendok teh), sedikit vanilla essence *well, saya ga pake ini, karena ga punya hehe* dan meses / keju untuk toppingnya (kalau mau pake yang lain juga boleh)

langkah kerja
1. campur semua bahan kecuali susu dan topping di satu baskom sedeng atau di wadah apa aja boleh *jadi riweuh* lalu aduk pakai pengocok adonan (whisker) kalo ga punya, pake sendok apa aja, yang penting bisa buat ngaduk.

2. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan licin dan bercampur rata.

3. diamkan 10-15 menit, biar baking powdernya tercampur secara sempurna (weleh bahasanya)

4. Adonan siap di panggang di atas cetakan kue cubit (saya pake wajan seadanya). Masak dengan api kecil dan tutup cetakan supaya uap panasnya tidak kemana-mana. Taburan bisa diberikan saat kue setengah matang atau saat adonan baru dituang ke dalam cetakan. It's up to you.

PROJECT ONE (pertama kalinya bikin kue cubit)
- bener bener ngikutin resep. belom berani macem macem. topping biasa, meses dan keju.

my very first "kue cubit" (acak acakan ya?)

iseng bikin nama pake tepung :D

tadaa! cukup berhasil kan? quite delicious, tapi lapisannya malah mirip martabak -_-"
*akhirnya saya tahu kenapa malah mirip martabak dan nggak ngembang sempurna : baking powdernya kadaluwarsa! gubrak -,-*

PROJECT TWO (kedua kalinya bikin kue cubit)
- resep sama, tapi porsinya setengahnya resep project one. berhubung ga ada susu ultra, jadi saya palsuin susu ultranya pake susu kental manis (improvisasi dikit laaah) rasanya ga mengecewakan kok ^^
akhirnya cetakan buletnya ketemu jugaaa *aslinya sih ini cetakan telor

jadi mirip dorayaki ya? yang gede bertabur keju rasanya manis asin gitu
PROJECT THREE (ketiga kalinya bikin kue cubit)
- project yang paling gagal T_T kenapa? saya nyoba pake resep yang sama dengan project two, tapi susunya kebanyakan! tetep 100 ml, padahal kan harusnya 50 ml! *pikun saya -.-
(foto menyusul)

PROJECT FOUR (keempat kalinya bikin kue cubit)
- paling spesial. kenapa? karena bikinnya bukan di bogor, tapi di jogja meeen! :] well well, tapi di sini paling parah karena ga ada timbangan buat nimbang ingredientsnya, ga ada susu SAMA SEKALI, ga ada mesis, ga ada keju, tapi hebatnya ada baking powder yang belom kadaluwarsa dan vanili gitu. dan saya berimprovisasi secara habis habisan di sini.


--Improvization--
- pake resep yang setengah porsi
- Susu putih diganti dengan susu ultra coklat (hanya itu yang saya punya)
- Tepung dan gula ngira ngira (ga ditimbang dulu)
- Topping bukan meses atau keju, melainkan PISANG.


tapi kue cubit jadi jadian kali ini makin jadi jadian! mengembang sempurna, daaan malah mirip serabi! wkwk gara gara wajannya bulet kecil mirip cetakan serabi gitu. tapi rasanya lumayanlaaah. Ada rasa baru looh rasa coklat bertopping pisang haha.
(foto menyusul juga, masih di kamera)
recipe's source here

1 comment: